My God is My Guy

Kamis, Mei 24, 2012

"Apa yang membuat kakak kuat?"

Pertanyaan itu ditanyakan hati-hati oleh seorang juniorku yang sudah kuanggap seperti adik sendiri. Butuh waktu beberapa detik sebelum saya spontan menjawab," Berdoa pada Tuhan. Selain itu saya mendapat dukungan dari orang-orang yang sayang sama saya. Saya juga memotivasi diri sendiri untuk tidak dikalahkan oleh orang lain dan keadaan." 
Si adik terlihat bingung dengan jawabanku. Lalu mulai membandingkan dirinya yang sepertinya susah untuk berperang dengan keadaan. Namun percakapan kami tak berlanjut lebih dalam karena ada satu dan lain hal yang terjadi.

Tuhan adalah kekuatan dan perisaiku, takkan kekurangan aku. Begitulah mazmur Raja Daud ketika ia diserang oleh musuh-musuhnya. Satu-satunya cara untuk menjadi kuat adalah dengan berserah diri. Kita menyerahkan apa yang menjadi pergumulan kita, apa yang menjadi ketakutan kita, apa yang membuat kita sesak. Dan Tuhan itu dengan jalan-jalanNya yang misterius dan tak ditembus oleh akal manusia selalu mampu menguatkan dan menolong kita. Kita manusia yang fana dan lemah ini benar-benar tidak mampu melakukan apa-apa jika tanpa pertolongan Tuhan. Itulah yang disebut anugerah. Ketika keadaan itu datang, saya sendiri pun benar-benar jatuh. Setiap hari saya menguatkan hati saya untuk berhadapan dengan keadaan yang kini terasa asing oleh saya. Setiap hari saya memohon hati yang kuat untuk menghadapi masalah apapun yang akan datang. Dan Tuhan tak pernah buta, tak pernah tuli, dan tak pernah tidur. Ia melihat dan mendengar apa yang ada dalam hati kita. Ia mengenal kita dengan sangat dan mengetahui jalan-jalan yang kita tempuh. Manusia hanya melihat apa yang dilihat mata, tetapi Tuhan melihat hati. Tanpa terasa saya berhasil melalui hampir lima bulan keadaan ini. Itu bukan karena kehebatan saya. Sama sekali bukan.

Satu hal lagi, ketika kita meminta pertolongan Tuhan maka Ia akan menolong kamu tepat pada waktunya. Saya tidak bercanda dan mengada-ada. Tuhan yang kita sembah dengan bermacam cara itu benar-benar hidup. Dan ketika ada yang merencanakan kejahatan terhadap dirimu, Tuhan yang Perkasa itu sanggup melindungimu dengan gagah berani meski kau hanya terlihat sendiri dan rapuh. Ia lebih perkasa dari Pangeran Tampan yang datang menyelamatkan Putri Salju di ranjang mautnya.



You Might Also Like

0 comments