PUBLICATIONS

 BOOKS:


Judul Buku: EKOFEMINISME SERI IV: TANAH, AIR, DAN RAHIM RUMAH
Editor: Arianti Ina Restiani Hunga & Dewi Candraningrum
Penerbit: Pusat Penelitian Studi Gender Universitas Kristen Satya Wacana &  Parahita Press (Salatiga)
Tahun: 2016

Perempuan adalah subyek yang merasakan dampak langsung dari kerusakan dan keterputusan hubungan dengan alam akibat eksploitasi manusia atas nama pembangunan dan kemajuan. Buku ini merupakan kumpulan tulisan dan penelitian mengenai ekofeminisme dari berbagai aspek, mulai dari sosial hingga teologis. Saya ikut menulis di buku ini dengan judul "Perempuan Patude Yang Bertahan Hidup: Kajian Ekofeminisme terhadap Reklamasi Pesisir di Kota Makassar". Pemesanan buku bisa melalui parahitapress@gmail.com. 



Judul Buku: FEMINISME DALAM DONGENG
Penerbit: Graha Ilmu (Yogyakarta)
Tahun Terbit: 2013

Selama beratus-ratus tahun, dongeng diciptakan sebagai alat komunikasi yang menghibur dan mendidik. Pewarisan nilai-nilai pun terjadi dengan menggunakan dongeng. Sayangnya, nilai-nilai tersebut didominasi oleh  budaya Patriarki sehingga ada ketimpangan relasi antara laki-laki dan perempuan. Dongeng Putri Salju, sebagai salah satu dongeng populer di dunia, dipilih sebagai salah satu dongeng yang dianalisis untuk membuktikan bahwa dominasi Patriarki telah membentuk konstruksi perempuan dalam hal fisik, karakteristik/sifat, dan gender. 



Judul: PERJALANAN KE NEGERI DI UTARA
Penerbit: UPT KKN Unhas (Makassar)
Tahun Terbit: 2012

Sebuah travelogue dari mahasiswa yang melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di perbatasan Malaysia-Thailand. Ia tidak hanya mengalami tantangan kultur, namun juga persaingan, arti persahabatan, penyembuhan luka batin, dan pencarian makna hidup di tengah-tengah konflik dan ketidakpastian. 




Judul: KAKI WAKTU (Antologi Puisi)
Penerbit: Kendi Aksara (Yogyakarta)
Tahun Terbit: 2011

12 penyair perempuan dari Sulawesi Selatan berkumpul dan bersepakat mengandung anak-anak puisi yang bercerita tentang perempuan, makna hidup, dan perjuangan. Kaki Waktu merupakan bayi yang dilahirkan komunitas penyair Lego-Lego di Sulawesi Selatan.