LIBURAN

Minggu, Januari 08, 2012


"Love is how you stay alive, even after you are gone"
- Professor Morrie Schwartz

(dalam buku Tuesday With Morrie karya Mitch Albom )


Sudah menjadi hukum alam bahwa dalam kehidupan manusia akan ada pertemuan dan perpisahan. Ibu saya bilang, "Kita harus siap dengan segala perpisahan, baik dalam keadaan hidup maupun mati". Kalau kau begitu bahagia dalam pertemuan maka berusahalah juga untuk tersenyum saat perpisahan tiba.

Jika Tuhan mengatur pertemuan kita maka Tuhan pula-lah yang mengatur waktu perpisahan kita. Kedua peristiwa itu terjadi di saat saya benar-benar belum siap menjalaninya. Pertemuan yang tidak siap saya lalui dan perpisahan yang tidak siap saya jalani. Namun, apalah kita ini? Manusia yang tak punya kendali apa-apa.

Bila saya begitu berbunga-bunga menuliskan pertemuan kita maka saya merasa tidak adil pada sang perpisahan jika tak menuliskannya. Hari-hari itu sudah berlalu namun perihnya masih terasa. Tidak ada yang menduga. Saya pun tidak. Dengan alasan yang tidak dapat dijelaskan, perpisahan itu telah terjadi.

Mungkin tugas ini telah selesai, mungkin juga belum. Namun, satu-satunya yang saya yakini bahwa Tuhan punya rencana untuk kita berdua. Kita akan tumbuh terpisah, belajar memaknai hidup, dan mungkin akan bertemu dengan orang-orang yang baru. Banyak yang bilang bahwa jodoh itu tak kemana. Namun, yang memutuskan untuk bersama adalah kita sendiri. Dan hanya maut sajalah yang mampu memisahkan.

Cinta tidak pernah pergi dari hati kita, manusialah yang berubah. Kita-lah yang berubah. Kau akan tahu apa yang harus dilakukan bila kau mendengarkan suara hatimu dan bukan pikiranmu yang sarat logika. Ketika segala masalah tidak dapat dipecahkan dan untuk memperbaiki keadaan malah semakin memburuk, Tuhan memberikan kita liburan. Liburan agar kita beristirahat dan memperhatikan kehidupan yang sudah dijalani sehingga kita dapat mengambil keputusan yang tepat untuk kembali bangkit.

Kita sedang liburan, Sidharta

You Might Also Like

0 comments