Kekosongan

Jumat, Januari 27, 2012

Kekosongan datang menghampiri manusia seperti virus flu yang menyerang tubuh di saat cuaca yang tak menentu. Kita akan menggigil kedinginan sekaligus merasakan panas yang membara. Kekosongan menghadirkan perasaan tidak dicintai dan diperhatikan. Seolah-olah kita adalah Adam dan Hawa yang diusir dari Taman Eden.

Kekosongan itu membangkitkan kenangan. Ia menyerang bagian paling sensitif dari diri manusia. Hatinya. Ia memeras dan menekannya dengan kenangan secara membabi buta. Tidak memberikan ampun biarpun kita berusaha berteriak minta tolong.

Kekosongan itu kejam namun ia juga mengajarkan satu hal penting. Rasa hampa itu ternyata hanya sementara. Segala yang bersifat emosi tidak bersifat kekal. Kita tidak akan terus-terusan menangis atau tertawa sepanjang hidup. Kegembiraan dan kesedihan senantiasa hadir bergantian seperti tamu yang datang ke rumah kita.

Kekosongan itu membuat luka. Masih ingat ketika kita terjatuh saat bermain atau naik sepeda? Sebuah luka baru yang berwarna merah. Kulit yang terkelupas membuat kita dapat melihat darah dan daging yang terdapat disana . Ketika kita menyentuh luka itu, maka akan terasa perih. Sakit luar biasa. Dibutuhkan waktu bagi kulit-kulit mati yang sudah terkupas itu untuk mengering. Ketika luka itu telah mengering kita masih tergelitik untuk mengoreknya lagi. Mencari kekosongan itu. Ingin menikmatinya sekali lagi. Namun, rasanya sudah berbeda. Tak lama lagi kulit-kulit mati yang mengering itu akan terkupas dengan sendirinya. Dan kita terkejut bahwa sudah ada kulit baru yang tumbuh menutupi darah dan daging yang terlihat dulu.

Tubuh memiliki cara untuk menyembuhkan setiap kerusakan yang terjadi. Begitupun hati manusia. Kita tidak bisa memaksanya bekerja sesuai keinginan kita. Yang bisa kita lakukan adalah menunggu. Menunggu hati itu menyembuhkan dirinya dengan caranya dan waktunya sendiri. Sehingga bila saatnya tiba, kekosongan itu tidak akan menghampiri lagi. Karena kebahagiaan yang serupa kulit-kulit baru yang baru tumbuh telah menyembuhkannya.


PS : #NP Alicia Keys - Try Sleeping With The Broken Heart

You Might Also Like

0 comments