Pertanyaan Untuk Cinta

Rabu, Februari 16, 2011

" Wanita indah yang wajahnya gelisah itu tidak lari berteduh--ia tetap menunggu--sampai basah kuyup. Ia juga punya keperluan penting. Ia masih menyimpan sebuah pertanyaan untuk cinta."
( Seno Gumira Ajidarma - Sebuah Pertanyaan Untuk Cinta, hal.6 )

Semua kenangan itu, semua kebohongan itu. Kuteguk keduanya sekaligus dalam cawan yang sama.

Saya selalu percaya segala sesuatu tidak terjadi begitu saja namun melalui perencanaan dan campur tangan Sang Khalik, maka ketika akhirnya saya membaca buku ini, saya tahu sudah tiba saatnya.

Buku karangan Seno Gumira Ajidarma yang berjudul " Sebuah Pertanyaan Untuk Cinta" telah saya kejar sejak pertengahan tahun lalu. Entah mengapa saya ingin sekali membacanya. Sepertinya saya terikat dengan buku ini. Buku yang berisi kumpulan cerpen Seno ini saya cari dimana-mana. Tapi dasar buku lama, susah didapat. Saya berusaha meminjam ke kakak-kakak senior dan teman tapi tak ada. Hingga akhirnya tahun ini, di bulan ini, bertepatan dengan hari Valentine, saya akhirnya mendapatkannya. Secara serendipity, saya dan Kak Natha ke Biblioholic. Dan yap, buku itu ada. Terselip sedemikian rupa dalam rak-rak buku disana. Dicarikan oleh Kak Aan Mansyur dan dipinjamkan dengan cuma-cuma. Akhirnya.

Sebuah Pertanyaan Untuk Cinta by Seno Gumira Ajidarma

Seno Gumira Ajidarma


Ternyata benar, saya dan buku ini memiliki pertalian. Alih-alih mencari pencerahan saya malah mendapat tamparan dari cerita-cerita dalam buku ini. Seno tidak membuat saya melayang, tapi membuat saya merasa bodoh. Yah, bodoh. Sangat bodoh.

Seno menggambarkan cinta dari sisi yang lain. Bukan kisah merah muda tapi hitam pekat dari asam manis cinta. Dalam cerpen-cerpennya Seno ingin memperlihatkan bahwa cinta bukan sesuatu yang statis. Ia akan berubah-ubah. Seseorang yang memiliki cinta pun ternyata masih bisa mencari cinta yang lain. Mereka tamak. Rakus. Keji. Amoral.

Di buku ini, Seno menceritakan bagaimana seorang gadis mencintai pria yang ternyata sudah beristri. Istri mencintai suami orang lain. Suami mencintai istri orang lain. Dua orang yang saling mencintai namun tidak saling memiliki. Bahkan adapula cinta sesama jenis. Cinta yang dipendam. Cinta yang mendua. Perselingkuhan. Pengkhianatan. Sakit Hati.

Dari buku ini, saya belajar satu hal : Cinta tidak mengenal zona aman. Selama ini kita dininabobokan oleh dongeng bagaimana mencari cinta. Tapi kita tidak pernah diberitahu apa yang harus diakukan ketika cinta itu sudah digenggam. Hubungan yang lama ternyata tidak menjadi jaminan kesetiaan itu bisa bertahan. Cinta bisa datang, cinta bisa pergi. Bahkan dalam hubungan yang panjang pun, ternyata ia bisa cacat.




*...lupakanlah kita pernah saling cinta. Karena tuk bersamamu tak mungkin. Kau telah berdua dan ku masih punya banyak kesempatan.

* ( Atiek CB - Maafkan *dengan sedikit perubahan )

You Might Also Like

6 comments

  1. Hmm..., bingung mau komen apa...,
    * maklum cowok..., xD

    salam kenal aj...,
    n.nv

    BalasHapus
  2. saya penggemar semua tulisan seno. mulai dari cerpen, novel, hingga kisah silat. bahkan saya juga rajin beli majalah intisari karena selalu ada tulisan Seno di situ. bahkan, sayapun menamai blog saya dengan Timur Angin, sebagaimana nama putra seno. kelak ketika anak saya lahir, sayapun akan menamakannya Timur Angin...

    BalasHapus
  3. Saya juga mau baca meike... :(
    Nanti kalau mau ke bibli lagi jangan lupa ajak saya. semoga sempat :)

    BalasHapus
  4. Edo : salam kenal juga...^^

    kak Yusran : gara-gara buku ini saya juga jadi nge-fans dengan Seno, kak...hehe
    Timur Angin kan photografer, apakah nanti si kecil akan dijadikan fotografer juga kak? hehe....

    kak Dwi : nanti saya pinjamin kak...yup, nanti saya hubungi ki...^^

    BalasHapus
  5. Hai Meike,
    Salam, kenal..

    Yup buku itu juga yang saya cari,.. dulu sempet punya tapi dipenjem temen sampai saya lupa siapa yang terakhir pinjem.
    Saya termasuk salah satu pengagum Seno,.. buku2 nya mantap,...
    Mulai dari dilarang bernyanyi dikamar mandi sampai,.. buku terakhirnya kemarin Nagabumi 1 & 2.
    Kumpulan cerpennya memang keren keren,..: Sudah baca Atas Nama Malam?
    salam,
    sigit-b

    BalasHapus
  6. Halo Sigit,
    salam kenal juga

    iya saya juga sangat menggemari karya-karnya SGA....tapi belum semua sih, nanti akan saya baca rekomen-nya

    BalasHapus