Bowie dan Ulat Bulu

Sabtu, Januari 02, 2021

source photo: https://www.wallpaperflare.com/search?wallpaper=David+bowie


I'm stepping through the door 
And I'm floating in a most peculiar way 
And the stars look very different today 
For here am I sitting in a tin can 
Far above the world 
Planet Earth is blue 
And there's nothing I can do

(Space Oddity - David Bowie)


Membunuh ulat bulu adalah pekerjaan pertamaku pada hari kedua di tahun 2021. Ya, ulat bulu. Bentuknya gemuk, berbulu, dan panjangnya sekitar kira-kira 5cm. Aku membunuhnya atas perintah Eyang. Awalnya aku tak mau membunuhnya. "Kasihan, Eyang...," kataku. Tapi, Eyang tidak suka dengan ulat bulu itu, katanya nanti bikin gatal. Sungguh sedih rasanya. Sesuatu yang tampaknya kecil, sepele, lucu, dan imut dapat menciptakan ketakutan. Ulat bulu itu akhirnya kuinjak. Cairan tubuhnya muncrat. Ia masih sempat menggelepar sebentar sebelum terdiam. 

***

Aku tidak tahu akan seperti apa tahun 2021 ini. Rasanya benar-benar masuk dalam "the unknown". Butuh keberanian besar untuk melangkah. Butuh keberanian untuk menghadapi apapun yang ada di depan sana. Aku menenangkan diri. Setidaknya aku punya musik yang bisa menguatkanku terus berjalan manakala manusia sudah lelah untuk menemaniku menyusuri "ketidakterbatasan" ini. Proses pencarian ternyata melelahkan. Pendampingan itu juga melelahkan. Ya, setiap orang ada batasnya. Butuh kesabaran. Ya, kasih itu sabar.

Terima kasih David Bowie, terima kasih menemaniku menghadapi keanehan hidup. Terima kasih untuk menerima kalau sebagian kecil dari kita mengalami ketidaknormalan. Terima kasih sudah menciptakan lagu-lagu yang menguatkan para alien ini. Terima kasih karena membuat kami merasa keren dan tidak sendiri.  

You Might Also Like

0 comments