Mimpi itu.... Nyata

Sabtu, Januari 17, 2015

Saya menuliskan ini karena sesungguhnya saya sedang bingung atas apa yang terjadi. Beberapa hari yang lalu, saya bermimpi. Mimpi itu terasa nyata sekaligus menakutkan, bahkan ketika terbangun pun ada perasaan janggal yang tertinggal.

Dalam mimpi itu, saya melihat eksekusi seorang tahanan perempuan. Saya tidak bisa melihat wajah perempuan itu dengan jelas. Namun, seolah-olah saya  ikut merasakan ketakutannya menghadapi ajal. Kemudian saya melihat sebuah tubuh yang sudah ditutupi kain putih, jenazah tahanan perempuan itu yang lalu dimasukkan dalam peti kayu berwarna cokelat. Di belakang peti mati itu, berdiri seorang perempuan lagi yang juga akan dieksekusi menyusul perempuan pertama. Satu-satunya informasi yang saya tahu bahwa perempuan pertama berasal dari Papua. Namun, asal dan wajah perempuan kedua tidak bisa saya ketahui. Saya juga tak tahu apa yang mereka lakukan sehingga dihukum mati. 

Mimpi aneh itu coba saya analisis. Para psikoanalisis bilang sebuah mimpi terangkai dari pengalaman atau keinginan sebelumnya. Malam sebelum saya bermimpi, saya menonton film Chicago dan ada scene seorang tahanan perempuan yang dieksekusi. Kenapa Papua? Mungkin saja karena pengalaman saya yang berkesan sewaktu saya kesana dan akhirnya bertabrakan dengan pengalaman nonton film tersebut. 

Anehnya, besok-besoknya saya malah mendapat banyak pertanda tentang eksekusi tersebut. Pertama, lagi-lagi film yang saya nonton berikutnya bercerita tentang eksekusi mati. Kedua, dan ini yang paling aneh, saya menonton dan membaca berita dua hari berturut-turut tentang rencana eksekusi beberapa tahanan kasus narkoba di Semarang. Dua dari mereka adalah perempuan, satu berkebangsaan Vietnam dan satunya berkebangsaan Indonesia. Jika ini adalah kebetulan, bagaimana bisa? Saya tidak memiliki hubungan apapun dengan mereka. Tapi jika ini bukan kebetulan, apakah ini yang dinamakan kesatuan afinitas? Karena saya masih meragukan apakah saya punya kemampuan melihat peristiwa-peristiwa yang terjadi di berbagai tempat dan waktu. 

Berita mengenai eksekusi itu bisa kalian akses di berbagai media. Dan sebagai tambahan, mereka semua akan dieksekusi sebentar lagi. Tepat pukul 00.00 di hari Minggu 18 Januari 2014.



Agak berjarak dari tulisan ini dibuat, saya baru tahu dari seorang kawan bahwa kedua perempuan dan 4  lelaki terpidana mati itu dieksekusi pukul 00.30, tepat ketika saya juga terbangun di hari Minggu itu. 

You Might Also Like

0 comments