Konser Guns N' Roses

Senin, November 19, 2018

Guns N' Roses di Jakarta (photo : Meike)


Bayangkan, kamu punya band idola yang lagu-lagunya kamu dengarkan sejak masih balita. Lagu-lagu itu juga mengiringi masa remaja kamu sebagai teman melewati masa pencarian identitas diri, bullying, dan cinta monyet meskipun pada waktu itu kamu belum mengerti makna lagu-lagunya. Cita-cita pertamamu adalah menjadi groupies mereka. Lalu waktu berlalu, alat musik yang dimainkan oleh manusia perlahan digantikan teknologi. Band ini juga mengalami gejolak. Lalu, mereka tinggal sebuah kenangan. Kamu (dan jutaan fans-nya di dunia) menginginkan mereka reuni. Di masa itu, konflik antar anggota band dalam formasi hebat mereka seperti tak mungkin terdamaikan bahkan sampai ketika mereka diakui dalam Rock & Roll Hall of Fame di tahun 2012.

Kita tidak tahu kapan keajaiban terjadi, tetapi bila itu terjadi rasanya seperti mimpi. Tak mudah untuk dipercaya. Guns N' Roses dengan formasi reuni dan ditambah anggota terkini, bergabung dan menggelar konser besar mereka keliling dunia. Indonesia menjadi tuan rumah pertama untuk pembukaan tur mereka di Asia Pasifik. Memang, formasi reuni ini tidak komplit seperti yang kita harapkan pada formasi Appetite for Destruction atau formasi Use Your Illusion. Tapi, apa yang bisa diharapkan lagi dari para fans sejati? Bergabungnya kembali Axl Rose, Slash, dan Duff McKagan saja sudah seperti sebuah doa yang terjawab.

Ketika mengetahui bahwa GNR akan konser pada tanggal 8 November 2018, saya langsung memberi tahu Mami dan kak Emma. Mereka sangat excited dan mendukung ide ini. Mami bahkan ingin menemani saya nonton di Jakarta. Kak Emma sudah menonton konser GNR reunion saat masih di Sydney. Kami berdua tergila-gila dengan Duff McKagan, sang bassis yang tidak hanya jadi rockstar tetapi juga pembaca dan penulis buku. Duff adalah role model bagi mereka yang ingin menjadi penetral dalam sebuah relasi. Ia tidak perlu rebutan panggung dengan dua kawannya, Axl dan Slash, yang memiliki pesona dan bakat yang luar biasa. Duff menemukan caranya sendiri untuk bersinar tanpa perlu lampu sorot mengarah kepadanya. Dan itu yang membuat Kak Emma dan saya tergila-gila (P.S: waktu SMP saya tergila-gilanya sama Axl, tapi waktu nonton video klip Paradise City, saya kepincut Duff disitu hihii..)

Bagi saya menonton konser GNR seperti ziarah batin. Awalnya, saya dan Mami berencana akan menonton konser itu bersama-sama. Tetapi, Mami pergi lebih dulu tanpa bisa dicegah. Dalam keadaan duka, saya ragu untuk menonton konser ini. Tetapi, hati kecil saya seperti terus mendesak, kamu harus nonton Meike, apapun yang terjadi. Ini janji kamu sama Mami. Di luar dugaan, Daddy ternyata mendukung niat saya untuk nonton konser. Sayangnya, Daddy pencinta Meggy Z, Doel Sumbang, dan Rama Aiphama. Jika tidak mungkin kami berdua yang akan nonton konser bersama.

Selain Daddy, Kak Emma juga adalah salah satu orang yang mendukung hal itu. Karena saya terlambat membeli tiket, tiket yang ingin saya beli sesuai budget sudah habis. Di luar dugaan, Mami ternyata sudah menyiapkan segalanya. Ia dan Kak Emma bersatu menambah uang saya untuk membeli tiket di bagian Rockstand Festival A (pas di bawah panggung). Lagi-lagi saya ragu, takut nonton GNR sendiri. Pikiran saya nanti kalau ada apa-apa gimana. Ini pertama kalinya saya menonton konser sendiri. Biasanya dengan Mami atau teman. Tapi, kemudian saya ingat bahwa pasti pengunjung konser ini adalah generasi kelahiran akhir 60-awal 90an jadi tidak mungkin rusuh. Mengingat harga tiketnya juga mahal untuk golongan kelas menengah, maka pasti juga bukan kelompok jenis yang suka bikin rusuh yang bisa masuk di venue. Maka, saya memantapkan hati. Baiklah, let's do it. Kak Emma membantu saya menguruskan urusan tiket. Sementara saya meminta bantuan Cubo untuk mengurus tempat penginapan yang dekat dari stadion Gelora Bung Karno (GBK), tempat konser akan berlangsung.

***

Saya sudah di Jakarta sehari sebelum konser. Cubo menjemput saya di stasiun Gambir.  Tak disangka saat menunggu Grab, saya bertemu dengan suster kepala sekolah sewaktu di SMP. Terakhir bertemu beliau ketika saya lulus SMP. Di masa SMP inilah saya tergila-gila dengan GNR sebagai remaja tanggung. Tirta, sahabat saya, juga tergila-gila dengan Queen. Pertemuan dengan Suster Vinsensia sungguh terasa seperti ketidakterdugaan yang aneh. Dari stasiun, kami lalu menuju hotel, menaruh barang dan jalan-jalan di Grand Indonesia. Malam itu saya ada janji untuk bertemu dengan Kak Ruth Wijaya, seorang blogger yang blognya saya gemari. Saya dan Cubo masih sempat ngobrol sebelum dia pamit untuk kerja. Sementara saya dan Kak Ruth akan melanjutkan kopi darat kami. Lagi-lagi tak dianya, saya bertemu dengan Wiwi, teman SMP-SMA yang sekarang tinggal dan bekerja di Jepang. Saya dan Wiwi terakhir kali bertemu sekitar tahun 2012 atau 2013 (lupa). Wiwi berkali-kali speechless karena tidak menyangka bertemu saya di GI. Saya pun demikian kaget dan herannya. This is weird, berkali-kali Wiwi berkata demikian. Setelah ngobrol sebentar dengan Wiwi, saya dan Kak Ruth menghabiskan sisa malam dengan mengobrol tentang cinta dan harapan (ini akan kita bahas nanti).

***

Hari H konser tiba. Saya sudah mulai mellow karena saking terharunya. Saya tiba di venue pukul 4 sore. Saya bertemu dengan dua orang Mas-Mas baik hati yang kemudian menjadi teman jalan saya sampai di depan pintu masuk. Salah satu dari mereka bertanya, "Kok kamu nonton GNR, kelihatannya kamu bukan dari generasi ini," tanyanya. Saya tersenyum dan menjawab, "I'm an old soul" (eaaa). Kami bercerita tentang baju kaos band yang kami pakai. Mereka berdua mengenakan kaos band bergambar pistol dan mawar, logo GNR yang terkenal itu, sementara saya mengenakan baju kaos bergambar Duff di masa muda yang saya buat tahun lalu bersama Kak Emma tanpa pernah tahu kalau GNR bakalan konser reuni di Indonesia.

Tiba di pintu masuk, kami berpisah karena ternyata saya harus menukarkan tiket di pintu parkir timur. Bapak penjaganya menyuruh saya mengikuti dua orang cewek yang juga ternyata mau menukarkan tiketnya. Mereka adalah Irish dan Tore dari Solo. Bersama mereka, kami berhasil menukarkan tiket. Sejauh mata memandang, para penonton konser mengenakan baju kaos GNR dengan logo khas mereka, gambar album-album GNR, gaya ala Slash dan Axl, dan baju merchandise konser hari itu. Jika ada 50.000 tiket habis terjual dan mungkin jika dikurangi dengan yang tidak hadir, maka ada sekitar 40.000 penonton konser malam itu. Menariknya, cuma saya (sejauh mata memandang), yang memakai kaos gambar Duff (bolehlah pamer hehehe). Saya dan kelompok Irish berpisah, karena mereka ternyata punya teman-teman lain. Untungnya daku ini anaknya independen dan fleksibel, bisa sendiri maupun bergerombol. Ada semacam kekuatan yang terus menggerakkan saya. Tidak apa-apa Meike, jalan terus. All is well. Saya melanjutkan perjalanan nonton konser itu sendiri lagi. Seorang Mas Baik Hati lainnya bersedia memotokan saya dengan kaos Duff di depan penukaran tiket.

Tiba di dalam area konser, sudah banyak penonton yang duduk menjaga tempat. Saya duduk tidak terlalu jauh dari bagian kanan panggung dan mengirimkan foto ke Kak Emma. Kak Emma langsung menelpon saya dan memberi tahu kalau Duff biasanya posisinya di sebelah kiri panggung. Saya langsung ingat di video-video konser mereka, Duff dan Izzy memang selalu di kiri, Axl di tengah, dan Slash di sebelah kanan. Keraguan merambati hati saya lagi. Di satu sisi mau liat Duff langsung lebih dekat, di sisi lain saya ragu apakah saya bisa mendapatkan tempat yang lebih baik dari tempat saya sekarang. Sambil menitip pesan ke Mas-Mas di sebelah saya untuk menjagakan tempat dan bilang kalau dalam 10 menit saya tidak kembali berarti saya sudah mendapatkankan tempat yang baru, saya pun memberanikan diri ke area sebelah kiri panggung.

Di area sebelah kiri sudah banyak manusia, tetapi masih ada sedikit celah. Saya berusaha menembus celah-celah tersebut dan berhasil mendapatkan tempat yang malah lebih baik dari tempat saya tadi. Saya bisa melihat semua personil dengan puas. Ternyata, di tempat ini pula saya berkenalan dengan sepasang suami istri pencinta GNR. Mbak Asti dan suaminya bertemu gara-gara lagu November Rain. Mbak Asti bercerita dulu waktu masih ngekos, dia suka memainkan gitar. Pada suatu ketika, ia memainkan lagu November Rain. Saat ia memainkan lagu itu, tiba-tiba ada suara piano mengikuti irama gitar Mbak Asti. Dari situlah Mbak Asti bertemu suaminya. Selama konser berlangsung, Mbak Asty dan suaminya yang menjaga saya. Kalau saya haus, mereka dan seorang perempuan berwajah khas Indonesia Timur yang berdiri di sebelah saya yang memberi minum. Selalu ada kebaikan-kebaikan yang mengiringi. Waktu itu sudah pukul 6 sore. Konser baru dimulai jam 8 malam. Awan hitam menggantung menyelubungi GBK. Kami berdoa supaya tidak hujan. Kami sudah tidak sabar untuk menonton band idola kami.

***

Pukul 20.00 WIB, Kikan datang dari belakang panggung dan memimpin audiens menyanyikan lagu Indonesia Raya. Semuanya menyanyi dengan khidmat. Saya melirik kiri-kanan, ternyata benar, para penonton banyak dari kalangan kelahiran 60-90an awal. Yang mengejutkan ada yang berasal dari generasi 90-an akhir. Para penonton ada yang datang sendiri, ada yang bersama pasangan, ada yang bersama ayah atau ibunya, dan ada yang bersama teman-temannya. Jika Mami masih ada, kami berdua pasti sudah asyik disini seperti ketika kami dulu menonton konser Mr.Big dan Kahitna. I miss Mami so much that night

Sekitar pukul 20.15 WIB, satu-satu personil GNR mulai masuk dan menghentak dengan lagu pembuka, It's So Easy dari album Appetite for Destruction. Penonton histeris. Semua ikut bergoyang. Benar kata Kak Emma, menonton idolamu langsung adalah sebuah pengalaman magis. Saya menangis dong. Masing tidak percaya dengan yang saya alami. Duff, Axl, dan Slash muncul secara nyata di depan saya. Personil GNR yang lama masih ada Dizzy Reed pada keyboard. Sisa anggota lain pasca kejayaan Use Your Illusions juga tampil maksimal, seperti Richard Fortus (gitar) , Melissa Reed (penyintesis), dan Frank Ferrer (drum). Axl tampil maksimal meskipun ia mudah ngos-ngosan tapi tak mudah menyanyikan lagu-lagu GNR yang nada-nadanya beraneka ragam dalam waktu tiga jam. Axl Rose memang kece badai. Untungnya ada Duff, Mellisa, dan Richard yang menutupi kekosongan kalau Axl kelepasan nada.

Selama tiga jam tampil, GNR secara adil membawakan lagu-lagu hits dari enam album mereka: Appetite For Destruction, Lies, The Spaghetti Incident?, Use Your Illusion 1 dan 2, dan Chinese Democracy. Berturut-turut lagu-lagu hits dinyanyikan seperti Rocket Queen, Sweet Child O' Mine, Welcome To The Jungle, November Rain, Mr. Brownstone, You Could Be Mine, Live and Let Die, Civil War, Nightrain, Estranged, Yerterdays, Used To Loved Her, This I Love, dan Better. Duff muncul menyanyikan medley You Can't Put Your Arms Around A Memory dan Attitude dari album The Spaghetti Incident?. Ada juga beberapa lagu yang diambil dari penyanyi lain, salah satunya band-nya Slash dan Duff, Velvet Revolver dengan hits mereka Slither. Sayang So Fine tidak dinyanyikan malam itu.

Malam itu saya sangat menikmati penampilan mereka. Saya mengambil beberapa foto dan merekam saat Duff menyanyi dengan iphone 5s saya (penonton tidak boleh membawa kamera pro). Tapi, untuk beberapa lagu hits yang memorable dan penting bagi saya, saya diam. Saya ingin menikmati kehadiran mereka langsung menyanyikan lagu-lagu yang dulunya hanya bisa saya dengar dari tape dan CD player. Keinginan saya menyaksikan mereka langsung dengan segala panca indra saya terwujud. Kelak, akan saya ceritakan pada anak cucu hehee. 

***

Lalu momen magis pun terjadi.
Sewaktu Axl mulai menyanyikan lagu Knockin' On Heaven's Door, saya menengadah ke atas langit. Angin dingin menyentuh wajah saya. Saya seperti merasakan kehadiran Mami. Seperti dia juga ikut nonton bersama saya. Saya menangis. 

Mama take this badge from me 
I can't use it anymore 
It's getting dark too dark to see 
Feels like I'm knockin' on heaven's door

Lagu ini seperti lagu GNR yang lain, punya beberapa part yang cukup panjang untuk instrumen musik. Di saat itulah, di antara bagian bridge lagu,  saya melihat Duff berdiri di sana di antara celah kepala orang-orang. Dia seperti menatap ke arah saya. Secara rasional, ini mungkin efek Barnum atau mungkin saya sedang berhalusinasi. Tapi, saya benar-benar merasa terkoneksi dengan Duff. Duff menulis di bukunya bahwa kadang ia tidak bisa melihat penonton karena gelap (efek cahaya panggung) meskipun ia mengaku sangat senang jika menemukan wajah para fans yang bahagia dengan permainan musik mereka. Well, peduli setan. Malam itu untuk sekitar 15 detik saya merasa terkoneksi dengan Duff. Tatapannya seolah berkomunikasi dengan tatapan saya. Ekspresi wajah saya menyambut dan nyambung dengan ekspresi wajah dia. Ketika Duff mengangkat tangannya dan mengarahkan telunjuknya ke langit, saya mengikutinya. Saya merinding. Ini magis. Jika kita terlalu sibuk mengambil foto dan video di setiap lagu, kita tidak akan mengalami pengalaman terkoneksi dengan Sang Musisi seperti ini. Saya seperti bisa merasakan apa yang dirasakan penonton konser GNR di Jepang pada tahun 1992. It was a breathtaking experience.

Lalu momen yang lebih religius pun terjadi.
Dengan segala kegagalan, penundaan, luka, dan kemarahan yang saya alami, Axl menyambung dengan lagu Don't Cry.

And please remember 
That I never lied 
And please remember 
How I felt inside now, honey 
You got to make it your own way 
But you'll be alright now, sugar 
You'll feel better tomorrow 
Come the morning light now, babe

Don't you cry tonight 
I still love you, baby 
Don't you cry tonight 
Don't you cry tonight 
There's a heaven above you baby 
And don't you cry tonight

Okay. Saya menangis lagi. Saya merasa malam itu Yesus ngomong ke saya melalui suara Axl. Setelah menyanyikan Don't Cry, GNR menyambung dengan akustik lagu Patience. Damn! Enough Jesus, Enough!. Saya ikut menyanyikan Patience dengan gaya seperti para umat Karismatik menyanyi. Yes, I sang religiously to this song with tears on my cheeks. 

Said sugar make it slow and we'll come together fine 
All we need is just a little patience

Konser malam itu ditutup dengan lagu Paradise City. GNR tampil solo tanpa band pembuka dan penonton tetap setia selama tiga jam. Mereka tampil prima dan terlihat solid untuk memberikan penampilan terbaik. Penonton malam itu terlihat puas sekali dan berdecak kagum berkali-kali. Saya pun demikian. Malam itu saya sangat bahagia. Sampai hari ini saya belum bisa move on dari pengalaman ini.

Seperti sudah saya katakan sebelumnya, konser GNR adalah ziarah batin bagi saya yang penuh drama dan airmata. Sejak awal rencana untuk datang ke konser ini, saya berhadapan dengan keraguan, ketakutan, dan rasa malu saya. Biasanya selalu ada Mami yang menemani dan memastikan saya baik-baik saja. Namun, sekarang tidak ada Mami yang secara fisik bisa saya andalkan. Dan keajaiban sungguh terjadi.  Saya selalu mendapat teman. Saya tidak dibiarkan sendiri atau merasa sendirian. Jika bukan karena telpon Kak Emma, saya tak mungkin melihat Duff dari sisi kiri panggung dan bertemu dengan Mbak Asty dan suaminya. Firasat saya malam itu kuat sekali. Mami sudah menyiapkan semuanya. Ia menjaga saya. Ia memastikan saya baik-baik saja.

Jika Tuhan bekerja begitu detil dalam hal-hal kecil di hidup kita, kenapa kita selalu takut untuk hal-hal yang besar yang kita harapkan? Pertanyaan ini masih menggantung di langit malam bersama gerimis yang mulai turun. Saya kembali ke hotel. Dan tidak bisa tidur. Tiba-tiba ada lalat hitam di dalam kamar. Saya tersenyum. Mari Mami, kita berdoa.

***

Enjoy the photos...


Duff, Axl, dan Slash (photo : Meike)


Duff, my hero (photo: Meike)


Amazing stage. Richard Fortus (gitar) dan Duff (bass) (photo: Meike)


 Formasi Appetite, minus Steven dan Izzy. Axl was supercool (photo: Meike)


The one and only, Slash (photo : Meike)

GNR's babe (difotoin mas-mas baik hati)

You Might Also Like

2 comments

  1. So touching story, makes me tears.. How the universe treat you better, so always spread the good vibes my sissyyy!

    BalasHapus
  2. Huhuhuhu.. you're one of my strengths too, Yer. Mari saling menguatkan yaa...

    BalasHapus