" Berusaha melakukan yang terbaik..."

Sabtu, Februari 27, 2010


Sinar terik matahari siang itu tidak menyurutkan niat Dg. Sikki, salah seorang cleaning service di Universitas Hasanuddin. Lelaki paro baya ini tetap semangat menjalankan tugasnya tanpa kenal lelah walalupun hanya digaji kecil.

Seperti hari-hari sebelumnya setiap pukul 7 pagi sampai 3 sore kadang pula sampai pukul 4 sore, Dg.Sikki datang dengan angkutan umum untuk bisa menunaikan tugasnya. Beliau melakukan ini sudah hampir tiga tahun. Awalnya pekerjaan pria yang tinggal di jalan Monginsidi Baru ini adalah sebagai gembala kerbau. Pekerjaan ini terus dilakoni-nya hingga akhirnya seorang teman beliau mengajaknya untuk bekerja di Unhas sebagai cleaning service. Tugas utama beliau adalah mengurus kebersihan taman di Unhas. Mulai dari memotong tanaman, mencabut rumput, dan menyapu. Terhitung sejak bulan November 2007 silam, Dg. Sikki telah menjadi salah satu cleaning service di Unhas.

Sebagai cleaning service Dg. Sikki awalnya digaji 425 ribu rupiah. Seiring dengan berjalannya waktu, gaji Dg. Sikki naik menjadi 650 ribu rupiah sebulan. Dengan gaji seperti ini menurut Dg. Sikki tidak dapat mencukupi kebutuhan hidupnya. Pria berkumis ini memiliki lima orang anak. Satu diantaranya telah meninggal dunia dan yang satunya sedang sakit. Anak-anak Dg.Sikki yang lain bekerja membantu ayahnya dengan berjualan koran. Selama menjadi cleaning service, Dg. Sikki berusaha menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. "Begini mi. Namanya juga kita kerja disini harus baik ki tingkah laku ta, bicara ta dan yang penting pekerjaan ta selesai,"ujar Pria bertubuh tambun ini.

Kadang-kadang, ada pula staff pegawai Unhas yang membantu Dg. Sikki dengan memberikan tip. "Itu mi berusaha ki lakukan yang terbaik. Kalau begitu biasa dikasih uang juga sama pegawai-nya,"tutup Dg. Sikki sambil terus melanjutkan pekerjaanya.

You Might Also Like

0 comments