Eksis

Sabtu, Januari 21, 2012

Kemarin tanggal 20 Januari 2012 adalah salah satu hari "eksistensi saya". Dalam satu hari itu saya mendapatkan hal-hal baik yang menyenangkan. Pertama, sejak pukul 8 pagi saya sudah berada di bank BTN untuk membayar SPP. Namun, sayang sekali status bank tersebut masih offline. Saya menunggu sampai pukul 11 siang dan karena keadaan serba tidak jelas, saya memutuskan untuk pulang. Siang hari pun tiba, dengan ditemani sohib saya Kemas, saya pun menyempatkan diri lagi untuk ke bank. Siapa tahu status bank sudah online sehingga saya bisa menyelesaikan pembayaran. Saya mendapat nomor antrian 487, sedangkan yang sedang dilayani nomor 437. Melihat begitu panjang antrian, Kemas menyarankan sebuah ide. Kenapa saya tidak menitip pembayaran saja? Kebetulan orang yang duduk di depan kami memiliki nomor antrian 452. Ide gila Kemas disambut baik oleh saya yang memang dalam keadaan terburu-buru karena ingin menghadiri pameran foto di kampus. Kalau saya mengantri sesuai nomor antrian, bisa dipastikan saya tidak bisa menghadirinya. Oleh sebab itu, sebagai anak komunikasi yang baik saya mendekati gadis berjilbab yang memiliki nomor 452. Namanya Nala, seorang mahasiswi FKM Unhas angkatan 2011. Dengan diawali perkenalan diri dan basa-basi, saya pun menyampaikan niat saya untuk menitip pembayaran padanya. Tak lupa juga menyebut nama-nama orang yang saya kenal di FKM. Karena si Nala ternyata tidak mengenal mereka, maka saya pun mengeluarkan senjata pamungkas saya. Saya menyebutkan satu nama orang paling berpengaruh di FKM dulu. Beliau adalah mantan Ketua BEM FKM, namanya Kak Ryan. Nala mengenalinya. Dan acara titip-menitip pun sukses.

Kedua, saya mendapati diri saya berada dalam sebuah koran lokal di kota ini. Ceritanya Alien, teman angkatan saya di kampus bekerja sebagai reporter untuk rubrik Keker di koran Fajar. Tema yang diangkat mengenai freedom writters. Saya pun diminta Alien untuk menjadi narasumbernya. Keesokan harinya, hasil wawancara itu sudah dimuat dalam 1 kolom di rubrik Keker. Saya banyak mendapat ucapan selamat dari orang-orang yang menyayangi saya. Mulai dari orang tua, senior-senior saya, dan sahabat-sahabat saya. Surprise datang dari Oma Fitje Pelupessy (istri alm.dr Boy Pelupessy) yang mengirimkan ucapan selamat via BBM. Beliau mengirimkan ucapan kepada saya untuk tetap semangat berkarya. Saya jelas terkejut karena beliau itu role model saya setelah Ibu saya dan Prof. Nurul Ilmi Idrus (btw, saya mendapat nilai A dalam mata kuliah beliau, Gender dan Antropologi). Kalau saya tua nanti saya mau seperti dia. Tetap cantik, elegan, berkepribadian, strong, mandiri, dan tetap eksis dalam organisasi kaum perempuan di Gereja.

bisa dilihat di Fajar dalam rubrik Keker, edisi hari Kamis, 20 Januari 2012


Ketiga, foto saya untuk pertama kalinya mengikuti pameran foto di kampus. Pameran foto ini dilaksanakan oleh Kosmik Unhas yang bekerja sama dengan berbagai pihak mulai UKM Fotografi Unhas sampai Konjen US. Pameran yang digagas oleh salah satu senior saya, Kak Nurul Ichsani yang sehari-hari saya panggil Kak Yuyu ini mengambil tema pluralism. Bagaimana perbedaan agama diangkat dalam sebuah kotak cahaya.

Foto saya sendiri mengambil fenomena keberagaman agama, salah satunya kisah cinta dari dua orang yang berbeda agama. Sebenarnya foto ini adalah pengalaman pribadi yang dieksploitasi menjadi karya. Saya memakai sahabat saya Tirta dan pacarnya Boy untuk memerankan cerita dalam foto ini. Tidak ada kesulitan dalam membuat foto ini, kebetulan dua model saya ini cerdas jadi tidak sulit mengarahkan mereka, malah kadang mereka memberi masukan. Mereka juga mengalami kisah cinta berbeda keyakinan, maka bahasa gambar yang terlihat memang langsung menyentuh. Ada beberapa konsep yang saya buat, saking bingungnya yang mana mau dikumpul saya meminta teman saya Azwar alias Cubo untuk mengkurasinya. Secara dia punya taste visual yang oke. Dan inilah foto itu :

Can We Grow Old Together?



fotografer + karya fotonya ^^

You Might Also Like

6 comments

  1. Lah, sekarang bayar SPP bukan di BNI?

    BalasHapus
  2. Kak Tira : mulai dari angkatan 2009 sampai ke bawahnya itu membayar di BTN kak...

    BalasHapus
  3. fotonya memang keren...selamat. :)

    BalasHapus
  4. keren futu_a ~_~
    congrat...

    BalasHapus
  5. keren fotonya , congratz :))

    BalasHapus
  6. Lebih bagus kalo tirta bajunya diganti warna lain, supaya tasbih sama rosarionya lebih mencolok. Just my opinion =)

    BalasHapus